Pemdes Lebuh Gelar Penyuluhan dan Deklarasi Anti Tuberkulosis

Kegiatan Penyuluhan dan Deklarasi Anti Tuberkulosis.


KARIMUN|KEPRIAKTUAL.COM: Dalam rangka menuju Desa bebas Tuberkulosis (TB), Pemerintah Desa Lebuh melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan serta mendeklarasikan anti Tuberkulosis.

Kegiatan tersebut berlansung tepatnya di ruang kantor Desa Lebuh, Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Rabu (14/8/2024).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa lebuh Asnan beserta perangkat, Ketua TP-PKK Desa beserta kader, Perwakilan Puskesmas Belat serta tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Lebuh, Asnan mengatakan, kegiatan penyuluhan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah Desa terhadap masyarakat dalam mengupayakan tindakan nyata untuk mengatasi bahaya Tuberkulosis.

"Tujuan di adakannya penyuluhan ini adalah untuk menambah pengetahuan, pemahaman baik itu kader kesehatan maupun masyarakat," ujar Asnan.

Kata dia, sosialisasi dan penyuluhan pencegahan penyakit TBC ini dilakukan sudah tentu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit TBC dan pencegahannya. 

"Dalam kegiatan tersebut menunjukan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan terlihat dengan adanya respon yang sangat baik," ujarnya. 

Menurutnya, mengingat kegiatan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan masyarakat maka kegiatan ini dapat di lanjutkan di lingkungan masyarakat bawah lainnya agar dapat menjaga kebersihan lingkungan sehingga terhindar dari penyakit menular seperti TBC.

Selain itu ia juga menyampaikan, 
gejala TBC yakni batuk terus menerus dan berdahak selama beberapa minggu, sesak nafas, nyeri dada. Sedangkan gejala sistemik seperti demam, keringat malam, penurunan berat badan, dll.

"Saya meminta kepada seluruh warga agar cepat melakukan pemeriksaan jika terdeteksi gejala yang mencurigakan," pungkas Asnan mengahirinya 

A.Yahya
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.