Yayasan Yeho Tahu Kasih Batam Hadirkan Taman Opa Oma, Tempat Nongkrongnya Para Lansia

Tamu undangan hadiri pembukaan taman opa oma. 

BATAM|KEPRIAKTUAL.COM: Kabar gembira untuk anda masyarakat usia lanjut atau lansia di Kota Batam. Telah hadir di kota anda sebuah tempat nongkrong tapi tak seperti tongkrongan anak muda pada umumnya seperti kafe dan lainnya.

Tempat nongkrong yang dimaksud disini ialah sebuah lokasi yang berada persis di pinggir jalan raya, yang disulap menjadi sebuah tempat untuk berkumpulnya para lansia yang ada di kota Batam. 

Tempat tersebut diberi nama Taman Opa Oma atau Taman Pama.Taman Pama ini diinisiasi atau digagas oleh Yayasan Yeho Tahu Kasih Batam dibawah kepemimpinan Ketua Yayasan Yeho Tahu Kasih, Suhaida dan Sekretaris Yayasan Yeho Tahu Kasih, Mitosima The Anakunda, MBA


Taman Pama berada dilokasi yang sangat strategis di kota Batam yakni, di Komplek Ruko Aku Tahu III Blok F Nomor 11, Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Peresmian Taman Pama ini dilakukan secara sederhana namun khidmat, yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (7/9/2024), yang ditandai dengan penarikan selubung papan nama Taman Pama secara bersama-sama.

Tampak hadir sejumlah tamu undangan, keluarga, orang-orang terdekat dan mitra bisnis diantaranya, Anggota DPRD Kepri, Asmin Patros, Camat Batam Kota, Firman Hidayat, Lurah Sungai Panas, Putri Ayu Farahnaz, Tokoh Masyarakat Muda Tionghoa yang juga mantan anggota DPRD Batam Periode 2019-2024, Tan A Tie.


Hadir juga sejumlah ketua-ketua marga dari  paguyuban-paguyuban di kota Batam diantaranya, Ketua Perhimpunan HAKKA Indonesia Sejahtera Kota Batam, Hok Sin beserta pengurus, Ketua Marga Goh Batam, Goh Cheng Liang beserta pengurus, Perkumpulan INTI Batam dan INTI Kepri, BMTI Kota Batam serta undangan lainnya.

Ketua Yayasan Yeho Tahu Kasih Batam, Suhaida tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya. Dia mengucapkan ribuan terima kasih atas kehadiran tamu undangan di acara peresmian Taman Opa Oma atau Taman Pama ini.

"Pertama-tama saya selaku Ketua Yayasan merasa bangga dan mengapresiasi terhadap dukungan dan kepedulian seluruh pihak yang ikut terlibat dalam proses penataan dan pembentukan Taman Opa Oma ini," ucap Suhaida atau yang sering disapa Ibu Ida disela-sela kegiatan.


Menurutnya, taman ini dibuat khusus untuk para lansia yaitu, Opa Oma, Kakek Nenek, Ama Yeye dan Opung-opung untuk berkumpul melakukan aktifitas-aktifitas yang dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan bagi para lansia, dalam menikmati hari-hari tuanya.

"Di tempat ini, para lansia bisa dengan leluasa berjalan maupun duduk sesukanya di dalam sebuah area yang telah disediakan. Mereka juga bisa melakukan Senam Lansia, Senam Tai Chi, aneka olahraga untuk lansia, bercocok tanam, Merajut dan lainnya. Semua bisa dilakukan di Taman Pama ini secara bersama-sama," sebutnya.

Kemudian, pihaknya juga sudah menjalin kerjasama dengan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Sungai Panas, untuk memberikan pelatihan dalam bidang tanaman serta prakarya kerajinan tangan.

Selain itu lanjutnya, pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Camantha Sahidya dan Healty Store dalam bidang kesehatan dan menyediakan sebuah tempat yang bisa dijadikan tempat untuk konseling.

"Yayasan Yeho Tahu Kasih akan terus melakukan innovasi-innovasi dan bekerjasama pihak lainnya, agar fasilitas dan kegiatan yang akan dilakukan di Taman Opa Oma selalu ditingkatkan, sehingga membawa kontribusi yang baik bagi kehidupan lansia, serta membantu meningkatkan kualitas kehidupan sosial masyarakat," harapnya.

Sementara, Camat Batam Kita, Firman Hidayat mengucapkan selamat dan sukses serta mengapresiasi atas hadirnya Taman Opa Oma di kota Batam.

"Mewakili Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Bapak Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi, saya mengucapkan selamat dan sukses diresmikannya Taman Pama ini," ucap Firman dalam sambutannya.

Lebih lanjut Firman mengatakan, selain aktif dalam dunia pendidikan di kota Batam, ternyata Yayasan Yeho Tahu Kasih Batam ini juga sangat peduli dan aktif dalam berbagai kegiatan-kegiatan sosial lainnya yang ada di masyarakat.

"Meskipun saya baru berdinas di Kecamatan Batam Kota, tapi saya tahu persis yayasan ini memiliki kepedulian yang sangat tinggi dalam kegiatan sosial di masyarakat. Kalau saya anggap ibu seperti Ibu Kartini untuk di wilayah Kelurahan Sungai Panas in8," ucap Firman disambut tepuk tangan bergemuruh dari undangan yang hadir.

Menurutnya, hadirnya Taman Opa Oma di Kelurahan Sungai Panas bisa dikatakan yang perdana di kota Batam yang dibuat oleh swasta.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa lokasi yang kini dijadikan Taman Opa Oma ini, dulunya merupakan lahan bisnis yang bisa menghasilkan uang.

Namun, dengan kepedulian yang tinggi untuk para lansia bisa mendapatkan sebuah tempat untuk berkumpul, pihak yayasan mengikhlaskan lahan komersil tersebut menjadi lahan sosial.

"Memberi kebahagiaan dan memberi manfaat di tengah-tengah masyarakat itu tidaklah mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya. Saya sangat salut dan mengapresiasi Bu Ida beserta anaknya yang berani membuat taman untuk kemaslahatan orang banyak," imbuhnya.

"Dan, apa yang dilakukan oleh Bu Ida ini semoga mendapatkan balasan yang setimpal, dengan terus mengalir pahalanya sampai kapanpun. Mari kita do'akan Bu Ida dan keluarga diberikan kesehatan selalu," ajaknya.

Senada, Tokoh Masyarakat Muda Tionghoa, Tan A Tie memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Yeho Tahu Kasih Batam, atas diresmikannya Taman Opa Oma yang terbuka untuk umum, khusus untuk para lansia yang ada di kita Batam.

"Salut dan apresiasi yang setinggi-tingginya saya ucapkan untuk Bu Ida dan anaknya," ucap Tan A Tie usai kegiatan.

Menurutnya, di kota Batam ini sangat sulit sekali ditemukan sebuah tempat khusus bertemunya dan berkumpulnya para lansia. Sebaliknya, tempat nongkrong untuk berkumpulnya anak-anak muda, sangat menjamur di kota Batam.

"Batam sangat menjamur tempat nongkrong untuk anak muda. Tapi, tempat nongkrong untuk lansia baru Taman Opa Oma inilah yang menjadi leadernya," ucap Tan A Tie sambil tersenyum.

Masih menurut Tan A Tie, usia tua itu pasti datang. Dan, tidak ada seorangpun yang bisa menolaknya karena itu sudah menjadi takdir manusia.

Namun, mengisi masa tua dengan berkumpul bersama-sama dengan teman seusia, dan melakukan hal-hal yang bermanfaat, akan sangat membantu para lansia dalam menjalani hari-hari tuanya dengan ceria.

Dalam kesempatan itu, Tan A Tie mengajak seluruh warga Batam yang mempunya orang tua lanjut usia untuk tidak sungkan-sungkan membawanya ke Taman Opa Oma untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan teman-teman seusianya.

"Ayo para lansia di kota Batam, datangi Taman Opa Oma di Sungai Panas. Agar masa tuanya bisa kembali berwarna," ajak Tan A Tie.

Di lokasi yang sama, Ketua Perhimpunan HAKKA Indonesia Sejahtera Kota Batam, Hok Sin menyambut baik dan mengapresiasi hadirnya Taman Opa Oma yang digagas oleh Yayasan Yeho Tahu Kasih Batam ini.

"Luar biasa. Saya sangat mengapresiasi Ibu Ida yang telah membuat Taman Opa Oma yang diperuntukkan bagi para lansia di kota Batam," ujar Hok Sin disela-sela kegiatan.

Dia berharap, para lansia itu dapat merasakan kembali keceriaan seperti masa-masa mudanya dulu, dengan berkumpul dan beraktifitas bersama-sama dengan teman seusianya.

Kemudian dia juga berharap Taman Opa Oma ini bisa terus berkelanjutan di masa yang akan datang, dan aktifitas-aktifitas didalamnya bisa terus ditambah dan semakin dikembangkan.

"Saya sebagai Ketua HAKKA Kota Batam mengajak para lansia untuk mengunjungi Taman Opa Oma, supaya bisa berkumpul kembali bersama-sama dengan teman seusia," ajaknya.

Senada, Ketua Marga Goh Batam, Goh Cheng Liang juga mengungkapkan hal yang sama. Dia sangat mendukung hadirnya Taman Opa Oma di kota Batam.

"Kami dari Perkumpulan Marga Goh di kota Batam sangat mendukung hadirnya Taman Opa Oma di Kelurahan Sungai Panas," ungkapnya.

Dia berharap, hadirnya Taman Opa Oma ini bisa memberikan semangat bagi para lansia, dalam menjalani hari-hari tuanya menjadi lebih berwarna.

"Sekali lagi saya sangat mengapresiasi hadirnya Taman Opa Oma di Batam. Saya selaku Ketua Perkumpulan Marga Goh Batam, mengajak para lansia di kota Batam untuk mengunjungi Taman Opa Oma di Kelurahan Sungai Panas ini, untuk berkumpul dan melakukan kegiatan-kegiatan positif bersama-sama dengan teman seusia," pungkasnya.

Fay
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.