Sambut HUT Ke 43, YJI Batam Gelar Serangkaian Kegiatan, Kukuhkan Yayasan Jantung sebagai Mitra Sehat Masyarakat


BATAM|KEPRIAKTUAL.COM: Yayasan Jantung Indonesia (YJI) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke 43 pada bulan November mendatang. Dalam rangka memperingati HUT tersebut, Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kota Batam melaksanakan serangkaian kegiatan untuk merayakannya.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari yang di mulai sejak hari, Jum'at (15/11/2024) sampai dengan hari Minggu (17/11/2024) di Lapangan INDOGROSIR, Batamindo Muka Kuning, kota Batam.

Ada berbagai macam kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, Tampilan Bantuan Hidup Dasar (BHD), Seminar Kesehatan, Pameran Makanan Sehat dan Bergizi serta Donasi Kesehatan Jantung dan Kardiovaskuler.

Ketua Pelaksana HUT YJI Ke-43 Tingkat Kota Batam, Dian Nursalih Budi mengatakan, ada berbagai kegiatan yang akan disiapkan pihaknya untuk memeriahkan ulang tahun Yayasan Jantung ke 43 tingkat kota Batam.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, Lomba Senam Jantung Sehat. Pada kategori ini pihaknya akan membaginya kedalam beberapa kategori yakni pelajat tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Kemudian, untuk kategori umum, pihaknya juga membaginya kedalam dua kategori. Kategori  Pertama yakni antar Klub Jantung Sehat se kota Batam. Dan, yang Kedua kategori Kelompok Lansia.

"Untuk pelajar, kita sudah mendapatkan persetujuan dan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Batam dan juga Dinas Pendidikan Provinsi Kepri," ujar Dian saat ditemui di kawasan Golden City Bengkong, Jum'at (18/10/2024).

Masih menurut Dian, selain mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan, pihaknya juga sudah mendapatkan dukungan dari Dinas Kesehatan kota Batam, beberapa Rumah Sakit dan beberapa instansi kesehatan lainnya.

Selain melaksanakan perlombaan lanjut Dian, rangkaian kegiatan selanjutnya yakni melaksanakan seminar kesehatan Jantung dan Kardiovaskuler. Dalam seminar nanti pihaknya akan menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya.

"Insya Allah, seminar kita nanti akan dihadiri langsung oleh dokter spesialis Jantung dari Malaysia," imbuhnya.

Kemudian, puncak acara HUT YJI Ke 43 tingkat kota Batam akan dilaksanakan pada hari Minggu (17/11/2024). Adapun kegiatan yang akan dilakukan yakni Jalan Santai atau Fun Walk sekaligus penarikan hadiah doorprize bagi peserta yang beruntung.

"Semua kegiatan yang dilaksanakan nantinya, diberikan secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun," sambung Dian.

Tak lupa, selama tiga hari pelaksanaan perayaanHUT YJI, masyarakat tidak usah kuatir kesulitan untuk mencari tempat makan dan minum. Karena, pihak panitia juga telah menyediakan stand-stand bazaar dari para pelaku UMKM di kota Batam, yang akan menyajikan makanan dan minuman untuk para pengunjung 

"Selain menyediakan bazar stand makanan dan minuman, dilokasi itu juga kami menyediakan stand untuk pemeriksaan kesehatan jantung. Untuk screening jantung kita juga tidak memungut biaya alias gratis," sebutnya.

Sementara, Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kota Batam, Haryanto S.Pd., M.H mengatakan, menyambut HUT YJI yang ke 43 tahun 2024, pengurus YJI Kota Batam memfokuskan untuk lebih memperkuat lagi peran Yayasan Jantung sebagai Mitra Sehat dengan lembaga-lembaga terkait untuk mengembangkan pola hidup sehat di kota Batam. 

Kenapa demikian, karena motto dari Yayasan Jantung itu sendiri yakni Pelopor Gaya Hidup Sehat. Artinya, peran Yayasan Jantung ini sangat dibutuhkan untuk bisa merangkul semua lembaga-lembaga terkait seperti, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskemas serta organisasi profesi kesehatan dalam rangka mengembangkan sistem atau pusat informasi kesehatan.

"YJI ini diharapkan bisa menjadi Pelopor Gaya Hidup Sehat dengan merangkul semua lembaga-lembaga terkait di bidang kesehatan yang ada di kota Batam," ucap Haryanto yang saat itu didampingi oleh Sekretaris Umum YJI, Raden Kesuma Wijaya.

Lebih lanjut Haryanto mengatakan, Yayasan Jantung juga diharapkan bisa memberikan edukasi terus menerus secara holistik bersama - sama pihak terkait lainnya, untuk mengedukasi terkait kesehatan kardiovaskuler dan jantung.

Kemudian, untuk memperkuat tatanan sehat tersebut perlu dilakukan sebuah cara yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan cara membentuk klub-klub kesehatan jantung di sekolah-sekolah.

Selain itu lanjut Haryanto, Yayasan Jantung Indonesia kota Batam juga telah membentuk Klub Jantung Sehat Remaja, Klub Jantung Sehat Umum dan Klub Jantung Sehat Kelompok Lansia. 

"Itu semua dilakukan sebagai cara untuk memperkuat tatanan sehat di masyarakat kota Batam," sebut Haryanto.

Selanjutnya, Yayasan Jantung Indonesia kota Batam sebagai Pelopor Gaya Hidup Sehat berkomitmen untuk terus bersinergi dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Pemerintah Kota Batam khususnya dan masyarakat kota Batam pada umumnya.

Fay
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.